komputer

ahlan wasahlan

BAB I. PENDAHULUAN

Sebuah sistem komputer tidak akan dapat bekerja dengan baik jika salah satu dari ketiga komponen ini dihilangkan: Hardware, software, brainware. Hardware adalah bagian komputer yang ada secara fisik. Software adalah kode-kode instruksi yang dijalankan pada Hardware yang bersangkutan. Sedangkan brainware adalah manusia yang bertugas untuk mengoperasikan sistem komputer. Administrasi sistem adalah aspek yang berkaitan erat pada faktor brainware tersebut. Seorang sysadmin bertugas untuk menjaga agar sebuah sistem dapat tetap berjalan sesuai dengan fungsinya. Jika ada masalah pada sistem tersebut, dia berkewajiban untuk memperbaikinya. Setiap sistem komputer membutuhkan sysadmin, mulai dari komputer pribadi sampai ke mainframe berukuran besar. Semuanya tetap membutuhkan sysadmin. Jika anda adalah satu-satunya pengguna di komputer anda, anda adalah sysadmin bagi komputer anda sendiri. Anda semua adalah seorang sysadmin mungkin tanpa kesadaran anda sendiri.

Komputer memiliki beragam fasilitas untuk mengotomatisasi seluruh kegiatannya. Hal ini tentunya sangat memudahkan seorang administrator. Administrator tidak perlu melakukan pekerjaan yang berulang-ulang secara manual, pekerjaan yang demikian dapat diserahkan kepada sistem Komputer. Dengan perintah yang tepat, sistem akan dapat melakukan tugasnya tanpa perlu diperintah ulang

BAB II. HARDWARE

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Hardware adalah perangkat keras yang akan melengkapi sekaligus mendukung segala kegiatan komputer. hardware adalah istilah yang hanya digunakan oleh komputer dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya. Disebut perangkat keras dikarenakan kalau dipegang keras, tapi memang seperti itulah pengertian gampangnya.

Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.

Berikut ini, kita akan membahas satu persatu tentang bagian-bagian dari hardware tersebut:

A. Monitor

Monitor adalah perangkat yang berfungsi sebagai sarana untuk melihat segala kegiatan yang dilakukan kita pada komputer. Jenis monitor bisa ditentukan dari beberapa sisi, misalnya :

Dari segi ukuran
Dari segi ini monitor dibedakan berdasarkan Inch (“). Ada yang 14″, 15″, 17″, 21″, dst. Tanda ” (petik diatas) dibaca Inch .

Dari segi bentuk

Bentuk-bentuk yang ditawarkan monitor misalnya : layar datar ( Flat) cembung, tipis dan datar ( Slim and Flat ), semi datar ( Semi Flat ), dan mungkin akan muncul inovasi baru dalam masalah bentuk ini, Insya Allah .

Dari segi perintah configurasi

Terdapat tiga jenis monitor jika dilihat dari segi perintah congfigurasi, yaitu :

Analog , adalah monitor yang perubahan bentuk gambar vertical, horizontal dan fitur-fitur yang lainnya menggunakan tombol yang diputar, biasanya tombol ini berada dibagian bawah tabung. Memutar ke sebelah kanan berarti meningkatkan configurasi, dan memutar sebelah kiri berarti mengurangi konfigurasi.

Semi Digital , adalah jenis monitor yang sebagian tombolnya mengunakan tombol putar dan sebagian lagi tombol pencet.

Digital, adalah monitor yang segala konfigurasinya diatur oleh tombol pencet.

Konfigurasi disini, adalah ukuran vertikal (memanjang ke atas bawah), horizontal (memanjang ke samping kanan kiri), contrast, Bright, cembung, cekung, dll (tergantung pada fitur yang disediakan monitor).

a. Masalah kecil yang biasa dialami

Sehebat apapun sesuatu, pasti ada kelemahannya. Namun, tentunya untuk menanggulangi kelemahan ini diperlukan beberapa trik dan solusi khusus. Masalah yang sering terjadi pada monitor diantaranya adalah sebagai berikut :

Warna layar memudar atau dibeberapa bagian ada yang berwarna lain (biasanya di pojok atas atau bawah), misalnya warna merah dan hijau. Sekalipun monitor baru tidak akan luput dari masalah ini. Penyebab ringannya adalah gangguan radiasi yang ditimbulkan oleh sumber listrik pada perangkat yang lain, misalnya terlalu dekat dengan CPU atau sumber listrik atau apapun. Solusinya, tentukan letak monitor pada posisi yang tepat. Jangan dekat dengan arus yang mengandung magnet. Pengen bukti?, coba saja tempelkan obeng yang meng
andung magnet pada tabung monitor, bagaimana hasilnya ?

Jika dengan cara tersebut ternyata warna masih memdudar, serahkan saja pada teknisi monitor ( hehehe ), bisa jadi ada masalah dengan IC warna.

Intinya, monitor adalah perangkat yang berfungsi sebagai sarana untuk melihat segala kegiatan komputer.

b. Jenis kabel monitor

Ada dua macam kabel yang ada pada monitor. Yaitu kabel power dan kabel data . Rincinya sebagai berikut :

Kabel Power adalah kabel yang dikoneksikan ke sumber listrik (secara langsung

maupun lewat power supply).

Bentuk kabel power, jika dikoneksikan langsung ke sumber listrik, bentuknya sama dengan kabel power CPU ( Jack Cewe ). Tapi jika dikoneksikan ke CPU bentuknya lebih besar sesuai ukuran lubang yang disediakan power supply ( Jack Cowo ).

Kabel Data adalah kabel yang dikoneksikan ke CPU pada satu perangkat yang bernama Vga ( Video graphic Adapter ), Vga inilah yang mengantarkan gambar dari CPU ke monitor.

Demikian pembahasan mengenai monitor.

B. CPU

CPU ( Central Processor Unit ) adalah sekumpulan perangkat yang dipasang pada mainboard / motherboard (papan induk), untuk selanjutnya akan menggunakan istilah mainboard . Mainboard inilah yang menampung dan mengurus segala kegiatan yang dilakukan perangkat dipasang padanya. Perangkat-perangkat yang dipasang pada mainboard adalah sebagai berikut :

  1. Power Supply

Power Supply merupakan mediator yang menghubungkan antara mainboard dan sumber listrik. Letaknya terdapat di bagian belakang casing (pembungkus CPU). Ada dua jenis power supply yang digunakan mainboard , yaitu sebagai berikut :

· AT , yaitu power supply yang salah satu kabelnya menyatu dengan tombol power, sehingga untuk mengetesnya cukup dengan memencet tombol yang memang sudah disediakan. Tapi jika tombol tersebut belum disediakan. Power supply jenis ini tidak dapat mati otomatis ketika komputer di- Shut down. Kabel yang menyambung dengan mainboardnya harus hitam ketemu hitam ,

· ATX , adalah power supply yang dapat mati otomatis ketika komputer di- Shut down . Enaknya power supply ini, kita tidak usah menentukan posisi pertemuan kabel, pemasangan pada mainboard dilakukan hanya dengan menyesuaikan posisi yang disediakan mainboard . Pada ATX , tidak ada kabel yang menyatu dengan tombol power. Kegiatannya diatur oleh indikator power yang dipasang pada mainboard dari tombol power. Untuk menguji power supply ATX adalah dengan cara sebagai berikut :

Siapkan kawat pendek

Masukkan salah satu ujung kawat ke lubang kabel hijau , dan ujung yang lain ke lubang kabel hitam .

Kalau memang masih normal, dijamin kipas yang terdapat didalamnya akan berputar.

Jika ternyata tidak berputar, coba ganti kipasnya dengan kipas yang lain, dan gunakan cara yang tadi. Kalau masih tidak berputar juga, ganti saja.

  1. Papan sistem/papan induk (motherboard) yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.

A. RAM – tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC

B. Modem internet

C. ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan

D. Kartu Kartu suara – menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.

E. Kabel Data yaitu kabel yang dikoneksikan ke CPU pada satu perangkat yang bernama Vga ( Video graphic Adapter ), Vga inilah yang mengantarkan gambar dari CPU ke monitor.

  1. CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama computer. Biasanya disebut prosesor.
  2. Beberapa jenis penyimpanan komputer:

A. CD – tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.

a. CD-ROM

b. CD-RW

c. CD-R

d. DVD

e. DVD-ROM

f. DVD-RW

g. DVD-R

B. Floppy disk

  1. Penyimpanan dalam – menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.

A. Hard disk – untuk penyimpanan data jangka panjang

B. Disk array controller

Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.

Keyboard Modem internet

Joystick Mouse

Gamepad Webcam

Tablet Grafis Scanner gambar

Printer Speaker

Flash disk Hardisk eksternal

BAB III. SOFTWARE

A. Pengertian software

software adalah sarana yang memberitahukan hardware apa yang harus dikerjakannya. Berbeda dengan hardware, software adalah sesuatu yang abstrak. Ia hanya dapat dilihat dari apa yang dilakukannya terhadap hardware. software dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu sistem operasi dan program aplikasi. Sistem Operasi adalah software yang bertugas mengontrol dan mengkoordinasikan pengunaan hardware untuk berbagai Aplikasi untuk bermacam-macam pengguna. Sementara program aplikasi, adalah software yang menentukan bagaimana sumber daya digunakan untuk menyelesaikan masalah user. Akan tetapi kebanyakan software yang tersebar di Inodonesia adalah software bajakan, karena barangkali software aslinya yang sangat mahal.

B. software Opensource

Ada cara bagi yang berminat untuk memberantas pembajakan. Yaitu menggunakan software software berlisensi publik (GPL). Ada banyak software publik yang bisa digunakan. Keberadaan software ini dapat diperoleh dengan cara mendownload dari internet. software ini dikenal dengan software opensource.

software open source adalah software yang menyertakan kode sumber (source code) dalam pendistribusiannya kepada umum. Sehingga, setiap orang bebas memodifikasi software tersebut dan menyebarluaskan kembali hasil modifikasinya baik secara gratis maupun komersial namun harus tetap menyertakan source code yang telah dimodifikasi tadi.

Dengan metode seperti ini, software yang bersifat open source dapat berkembang sangat cepat karena setiap orang di belahan dunia manapun dapat mengembangkannya sesuai dengan keinginan dan kreativitasnya masing-masing. Produk-produk open source yang telah digunakan di ITB saat ini terutama adalah produkproduk berbasis *NIX (Unix,Komputer dan sejenisnya) baik sistem operasinya maupun aplikasi-aplikasi yang berjalan diatasnya. Sebagian besar komputer server di ITB menggunakan sistem operasi FreeBSD.

Selain istilah open source, terdapat istilah lain yaitu Free software. Sebenarnya kedua istilah ini memiliki pengertian yang hampir sama namun tidak identik. Free software adalah software yang membebaskan setiap penggunanya untuk me-run, meng-copy, mendistribusikan, mempelajari, merubah dan melakukan penambahan/perbaikan terhadap software tersebut. Karena free software adalah software yang memungkinkan penggunanya untuk mempelajari software tersebut maka prasarat agar software ini dapat dipelajari adalah disertakannya kode sumber software tersebut (sama seperti software open source)

Perbedaan antara open source dan free software ialah open source dapat berupa software yang berlisensi atau bebas sama sekali dengan tetap menyertakan kode sumbernya sedangkan free software berupa software bebas. Biaya distribusi baik untuk open source ataupun free software dapat dikenakan ataupun tidak.

Sebenarnya perbedaan antara open source dan free software tidak hanya seperti yang dipaparkan diatas. Namun, open source dan free software memiliki perbedaan yang cukup kompleks. Perbedaan itu terjadi karena kedua pengertian software ini menggunakan filosofi dan pendekatan yang berbeda. Untuk lebih jelas, pengertian open source dapat dilihat di alamat http://www.opensource.org dan pengertian free software dapat dilihat di alamat http://www.gnu.org/

KESIMPULAN

v System komputer tidak akan dapat bekerja dengan baik jika salah satu dari ketiga komponen ini dihilangkan: Hardware, software, brainware.

v Hardware adalah perangkat keras yang akan melengkapi sekaligus mendukung segala kegiatan komputer. hardware adalah istilah yang hanya digunakan oleh komputer dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya.

v Software adalah sarana yang memberitahukan hardware apa yang harus dikerjakannya. Berbeda dengan hardware, software adalah sesuatu yang abstrak. Ia hanya dapat dilihat dari apa yang dilakukannya terhadap hardware.

v Monitor adalah perangkat yang berfungsi sebagai sarana untuk melihat segala kegiatan yang dilakukan kita pada computer.

v CPU ( Central Processor Unit ) adalah sekumpulan perangkat yang dipasang pada mainboard / motherboard (papan induk).

v software open source adalah software yang menyertakan kode sumber (source code) dalam pendistribusiannya kepada umum.

v Free software adalah software yang membebaskan setiap penggunanya untuk me-run, meng-copy, mendistribusikan, mempelajari, merubah dan melakukan penambahan/perbaikan terhadap software tersebut

DAFTAR REFERENSI

http://www.infolinux.web.id/

http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_keras

http://andibastian.info/detail.php?id=7

http://en.wikipedia.org/wiki/Defragmentation

http://www.comlabs.itb.ac.id/?p=46

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: